Bunga Asli dari Indonesia

Salah satu negara yang memiliki beragam bunga yaitu Indonesia. Bunga asli indonesia menjadi ciri khas atau identitas. Di dunia, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang terlengkap dibandingkan dengan negara lainya. 

Indonesia memiliki banyak keragaman hayati dan merupakan tanaman endemik asli Indonesia. Diantara tanaman-tanaman tersebut diantaranya adalah tanaman hias atau tanaman bunga. Jenis bunga-bunga ini juga memiliki ciri unik. 

Berbagai Macam Bunga Asli Indonesia

Berikut ini adalah tanaman bunga asli Indonesia,

1. Bunga Edelweiss (Bunga Abadi)

  Bunga Asli dari Indonesia

Foto : Bunga Edelweiss 

Bagi para pendaki gunung pasti sudah akrab dan terbiasa dengan bunga Edelweiss atau bunga abadi. Bunga ini memiliki nama latin Anaphalis javanica. Bunga edelweiss adalah tanaman endemik yang berasal dari Indonesia. Tanaman ini kini termasuk ke dalam tanman langka. 

Edelweis adalah tanaman pelopor pada tanah vulkanik muda di hutandaerah pegunungan. Ini dikarenakan bunga edelweiss dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus. Bunga ini dapat membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu sehingga efektif unutk memperluas jangkauan akar-akarnya dan juga dapat meningkatkan efisiensi untuk mencari unsur hara.

Bunga pada tanman edelweiss biasanya akan muncul antara bulan April dan Agustus. Bunga ini juga sangat disukai oleh serangga.


2. Rafflesia Arnoldi


  Bunga Asli dari Indonesia

Foto : Bunga Rafflesia arnoldi

Mungkin jika mendengar bunga rafflesia arnoldi Anda akan mengingat bunga bangkai. Namun sejatinya bunga Rafflesia arnoldi dan bunga bangkai tidaklah sama. Bunga raflesia juga memiliki nama lain padma raksasa. 

Rafflesia arnoldi merupakan bunga yang memiliki ukuran terbesar bahkan di dunia. Bunga ini sudah tergolong langka dan sulit untuk ditemukan. Bunga ini termasuk flora yang dilindungi pemerintah.

Bunga Rafflesia arnoldi menurut sejarah ditemukan pertama kali oleh Dr. Joseph Arnold pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatera). OLeh karena itulah Bengkulu dikenal sebagai The Land of Rafflesia (Bumi Rafflesia).

Asal-usul nama Rafflesia arnoldi yaitu gabungan dari dua nama orang. Arnoldi yaitu berasal dari nama penemunya yaitu Dr. Joseph Arnold. Sedangkan kata rafflesia berasal dari nama Thomas Stamford Raffles. Thomas Stamford Raffles saat itu berperan sebagai pemimpin dalam ekspedisi yang tengah dilakukan. 


3. Anggrek Hitam


  Bunga Asli dari Indonesia

Foto : Anggrek hitam

Anggrek hitam merupakan spesies anggrek yang tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatera. Anggrek hitam memiliki nama latin Coelogyne pandurata. Tanaman ini merupakan maskot flora daerah provinsi Kalimantan Timur. 

Habitat asli dari anggrek hitam saat ini mengalami penurunan dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini dikarenakan adanya pnyempitan luas hutan di Kalimantan. Walau begitu, anggrek hitam ini masih bisa dijumpai di cagar alam Kersik Luway. Namun populasi tersebut dalam jumlah yang sedikit.

Dinamakan anggrek hitam karena tanaman anggrek ini memiliki lidah yang berwarna hitam dan dengan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Bunga anggrek hitam merupakan salah satu bunga yang indah dan memiliki harum. 


4. Dadap Merah


  Bunga Asli dari Indonesia

Foto : Dadapt Merah

Dadap Merah adalah salah satu bunga asli dari Indonesia. Bunga ini sering kali mudah ditemui pada pinggir-pinggir jalan. Bunga ini biasanya ini berfungsi sebagai tanman yang berfungsi dalam mempercantik lingkungan. Bunga ini juga merupakan tempat untuk burung hinggap.


5. Anggrek Larat


  Bunga Asli dari Indonesia

Foto : Bunga Anggrek Larat

Anggrek larat merupakan bunga identitas di Maluku. Anggrek larat memiliki nama latin (ilmiah) Dendrobium phalaenopsis. Tanaman dengan bunga indah ini masuk kedalam suku Orchidaceae. Anggrek larat digolongkan ke dalam tanaman langka dan dilindungi. Nama anggrek larat berasal dari nama Pulau Larat. Pulau larat terletak di Kepulauan Maluku. Pulau Larat juga merupakan habitat anggrek larat pertama kali ditemukan. Anggrek larat termasuk tumbuhan epifit. 

Sebenarnya masih banyak bunga asli indonesia. Namun itulah beberapa bunga asli Indonesia. Bunga-bunga tersebut memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Bunga-bunga tersebut mungkin mulai langka dan dilindungi oleh pemerintah.