Bunga Bangkai Raksasa Sebagai Salah Satu Bunga Terbesar

Bunga bangkai tidaklah sama dengan bunga rafflesia. Walau begitu masih banyak orang yang menganggap bahwa kedua bungaa tersebut adalah sama. Bunga bangkai memiliki nama genus  Amorphophallus. Sedangkan nama latin untuk tanaman rafflesia yaitu Rafflesia arnoldii.

Bunga Bangkai Raksasa

Bunga dan tumbuhan vegetatifnya akan tumbuh secara bergantian. Bunga bangkai akan mengeluarkan bau yang khas. Bau bangkai dari bunga tersebut akan muncul pada waktu-waktu tertentu. Oleh karenaa hal inilah, tanaman tersebut lebih dikenal sebagai bunga bangkai.

Bunga bangkai muncul dari tanaman suweg, iles-iles dan lainya yang masih termasuk ke dalam genus Amorphophallus. Tanaman suweg ini memiliki umbi yang nantinya akan tumbuh yang disebut sebagai bunga bangkai. Tanaman ini pada bagian umbi dan bagian lainya dapat mengeluarkan getah yang apat menyebabkan rasa gatal.

Walau umbi dari tanaman suweg dapat menyebabkan gatal, namun sebenarnya dapat dimakan.  Untuk dapat dikonsumsi, umbi tersebut harus diproses dengan cara tertentu terlebih dahulu. Umbi suweg juga dapat diolah menjadi tepung untuk bahan membuat tepung roti atau jenis olahan lainnya.

Bunga bangkai raksasa

Bunga bangkai raksasa memiliki beberapa nama lain, yaitu keribut atau suweg raksasa. Untuk bunga bangkai raksasa merupakan tumbuhan endemik dari Sumatera. Untuk nama latin bunga bangkai raksasa yatiu Amorphophallus titanum Becc. Ia merupakan salah satu tanaman dengan ukuran bunga terbesar di Indonesia. Bahkan tinggi bunganya dapat mencpai 5 meter.

Bunga bangkai mengeluarkan bau yang busuk. Bau busuk ini bertujuan untuk mengundang lalt untuk hinggap untuk membantu dalam proses penyerbukan bunganya.

Sama seperti tanaman lain yang termasuk ke dalam genus Amorphophallus, tanaman ini juga memiliki dua fase kehidupan yang muncul secara bergantian. Untuk fase vegetatif akan muncul batang dan daun. Setelah beberapa tahun, organ vegetatif ini akan layu. Pada saat inilah umbi akan mengalami masa dormasnsi (istirahat). Ketika jumlah cadangan makanan pada umbi telah cukup maka, akan muncul bunga sebagai penanda fase generatif. Namun apabila jumlah cadangan belum cukup maka tanaman ini akan mengeluarkan daun kembali.

Bunga bangkai raksasa berukuran sangat besar dan tinggi. Bunganya berbentuk seperti lingga dan dikelilingi seludang bunga berukuran besar.  Bunga bangkai termasuk jenis bunga berumah satu.

Rekor bunga tertinggi dipecahkan oleh penangkaran yang dipegang oleh Kebun Raya Bonn, Jerman hingga tahun 2005. Bunga bangkai tersebut memiliki bunga setinggi 2,74 meter. Namun pada tanggal 20 Oktober 2005, rekor tersebut dapat dikalahkan. Rekor baru yang dipecahkan yaitu setinggi 2,91 meter di Kebun Botani dan Hewan Wilhelma, Stuttgart, di Jerman. Kebun Raya Cibodas, di Indonesia mengklaim bahwa bunga yang mekar di sana dapat mencapai ketinggian 3,17 meter pada tanggal 11 Maret 2004.