Bunga sakura Tidak Hanya Ada di Jepang

Tahukah kamu tentang bunga sakura? Bagi seseorang yang suka dengan hal-hal yang berbau jepang pasti mengerti. Sakura memang salah satu bunga yang berasal dari negara jepang. Bahkan  bunga sakura ini menjadi lambang bunga nasinal jepang.

Di Jepang sakura dapat dilihat dimana-mana. Bunga sakura bahkan dijadikan sebagai motif untuk beragam barang. Diantaranya yaitu termasuk kimono, alat tulis, bahkan peralatan dapur.

Gambar Bunga Sakura

Bunga Sakura. Koleksibunga.com

Sakura menjadi simbol penting di negara Jepang. Bahkan seringkali sakura menjadi simbol perempuan, kehiupdan, kematian, dan juga simbol yang mengeksperesikan ikatan antarmanusia. Sakura menjadi metafora untuk ciri-ciri kehidupan yang tidak kekal.

Pohon sakura termasuk ke dalam pohon yang tergolong ke dalam familia Rosaceae, genus Prunus. Sakura secara umum digolongkan kedalam subgenus sakura. Kata "sakura" berasal dari kata "saku" (dalam bahasa Jepang berarti "mekar") dan ditambah akhiran "ra" untuk menunjukan bentuk jamak.

Warna bunga sakura tergantung dari spesiesnya. Ada bunga sakura yang berwarna putih dengan sedikit warna merah jambu, kuning muda, merah jambu, hijau muda, dan ada juga yang berwarna merah menyala.

Bunga sakura digolongkan menjadi 3 jenis (berdasarkan susunan daun mahkota) yaitu

  • Bunga tunggal dengan daun mahkota selapis
  • Bunga ganda dengan daun mahkota berlapis
  • Bunga semi ganda


Kapan bunga sakura mekar?

Pohon sakura akan berbunga  sebanyak sekali dalma setahun. SD pulau Honshu, kuncup bunga sakura jenis someiyoshino akan mulai terlihat pada akhir musim dingin. Bunga sakura akan mekar di akhir bulan Maret sampai awal bulan April pada saat cuaca mulai hangat.

Di negara Jepang, bunga sakura jenis someiyoshino akan mekar dimulai dari Okinawa pada bulan Februari, kemudian di pulau Honshu sebelah barat, sampai di Tokyo, Osaka, Kyoto pada akhir Maret sampai awal April, selanjutnya bergerak secara perlahan ke utara, dan berakhir di Hokkaido pada saat liburan Golden Week.

Bagaimana pemanfaatan bunga sakura?

Selain keindahannya, ternyata bunga sakura dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Daun sakura dapat digunakan sebagai pembungkus mochi. Selain itu, bunga sakura juga dapat dijadikan rasa pada ice cream. Bunga sakura dapat juga dibuat sebagai minuman teh. Untuk ranting dan kuncup bunga sakura digunakan untuk bahan pewarna alami.

Apakah kamu pernah makan buah ceri?

Ternyata buah ceri berasal dari tanaman sakura. Ketika buah ceri masih muda, buah tersebut nampak berwarna hijau. Ketika buah sudah masak maka akan berwarna merah sampai merah tua sampai ungu.

Perlu diketahui bahwa pohon sakura yang dapat menghasilkan buah ceri untuk dikonsumsi umumnya tidak dinikmati bunganya. Pohon sakura penghasil buah ceri biasanya ditanam hanya di perkebunan.

Apakah ada bunga sakura selain di jepang?

Jika mendengar kata "bunga sakura" pasti kebanyakan orang akan mengaitkannya dengan negara Jepang. Ternyata, bunga sakura tidak hanya dapat tumbuh di negara jepang saja. Namun ada juga negara dimana bunga sakura dapat tumbuh.

Berikut ini adalah beberapa tempat atau negara di dunia dimana kamu bisa menikmati keindahan bunga sakura.

1. Yeouido Gungwon, Seoul, Korea Selatan
2. Gucun Park, Shanghai, Tiongkok
3. Jefferson Memorial, Washington, Amerika
4. Third Street Park, Macon, Georgia
5. Kew Gardens, London, Inggris
6. Kungsträdgården, Stockholm, Swedia
7. Fiesta del Cerezo en Flor, Jerte Valley, Spanyol

Apakah ada bunga sakura yang tumbuh di Indonesia?

Di negara jepang memiliki musim semi, sehingga tanaman sakura dapat menghasilkan bunga. Begitu pula dengan negara-negara yang telah disebutkan sebelumnya. Namun apakah bunga sakura dapat tumbuh di indonesia?

Walaupun memiliki dua musim yaitu kemarau dan penghujan, namun ternyata bunga sakura juga dapat tumbuh di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa tempat di Indonesia yang memiliki keindahan bunga sakura.

1. Waingapu, Pulau Sumba, NTT
2. Komplek industri Batamindo, Muka Kuning, Batam
3. Taman Sakura Cibodas, Jawa Barat
4. Karangasem, Pulau Bali

Itulah beberapa tempat di Indonesia dimana unga sakura dapat tumbuh.

Koleksi Gambar Bunga Sakura 


Gambar Bunga Sakura

Gambar Bunga Sakura

Gambar Bunga Sakura

Gambar Bunga Sakura