Bunga Sepatu, Klasifikasi dan Morfologinya

Bunga sepatu terkadang lebih umum dengan nama kembang sepatu. Nama ilmiah hbunga sepatu yaitu Hibiscus rosa-sinensis L. Tanamanini termasuk ke dalam suku Malvaceae. Tanaman ini berasal dari daerah Asia Timur.

Bunga sepatu ditanam sebagai tanamn hias. Bunga sepatu berukuran besar, umumnya berwarna merah dan tidak berbau. Namun selain warna merah, bunga sepatu juga memiliki beragam warna. Warna bunga sepatu diantaranya yaitu berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu.

Gambar Bunga Sepatu

Bunga Sepatu. Koleksibunga.com

Untuk orang Sumatra dan Malaysia, bunga sepatu lebih dikenal dengan nama bunga raya. Di Malaysia bunga sepatu ini menjadi bunga nasionalnya. Sedangkan di Pulau Jawa, nama bunga ini yaitu bunga wora-wari.

Berikut adalah beberapa nama bunga sepatu untuk beberapa wilayah.

  • Jawa          : Kembang sepatu (Betawi), Kembang wera (Sunda),Kembang sepatu (Jawa Tengah), Bunga Rebong (Madura)
  • Bali                  : Waribang
  • Sumatera          : Bungong roja (Aceh), Bunga-bunga (Batak Karo), Soma Soma (Nias), Bekeju (Mentawai)
  • Sulawesi           : Ulange (Gorontalo), Kulango (Buol), Bunga sepatu (Makasar), Bunga bisu (Bugis)
  • Maluku          : Ubu-ubu (Ternate), Bala bunga (Tidore).
  • Nusa Tenggara : Embuhanga (Sangir), Bunga cepatu (Timor)


Klasifikasi Bunga Sepatu 

Divisi  : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas  : Dicotyledonae
Ordo  : Malvales
Famili  : Malvaceae
Genus  : Hibiscus
Spesies  : Hibiscus rosa sinensis L.

Morfologi Bunga Sepatu

Bunga sepatu merupakan tumbuhan perdu yang tumbuh tegak dan dapat memiliki tinggi kurang lebih 3 meter. Batangnya berbentuk bulat, berkayu dan keras. Warna batang yang masih muda hijau dan ketika tua menjadi putih kotor. Daun bunga sepatu termasuk daun tunggal, memiliki tepi beringgit, pangkal tumpul, dan berujung runcing. Warna daunnya ada yang hijau dan hijau muda. Untuk akarnya berjenis akar tunggang dan berwarna cokelat muda.

Bunga sepatu memiliki jenis bunga tunggal. Bentuknya seperti terompet. Bunganya ini muncul dibagian ketiak daun. Bunga sepatu memiliki tangkai bunga, kelopak daun, benang sari dan putik.

Bunga sepatu juga dapat menghasilkan buah dan biji. Buahnya berukuran kecil dan berbentuk lonjong. Ketika masih muda warna buahnya putih dan setelah tua menjadi cokelat. Untuk biji berbentuk pipih dengan warna putih.

Manfaat Bunga Sepatu

Bagian-bagian bunga sepatu termasuk daun, bunga, dan akar mengandung zat flavonoida. Selain itu megnandung zat saponin dan polifenol. Di bagian bunga tanaman ini mengandung polifenol. Pada bagian akarnya mengandung tanin, saponin, skopoletin, cleomiscosin A, dan juga cleomiscosin C.

Ternyata bunga sepatu ini bermanfaat untuk kesehatan. Daun bunga sepatu bermanfaat untuk obat demam pada anak-anak, batuk, dan sariawan. Selain itu daunnya juga berkhasiat sebagai penambah vitalitas pria (aprodisiaka).

Ekstrak etanolik dari daun bunga sepatu ini dapat memberikan efek anabolik. Selain itu ekstrak etanolik bunga tanaman ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan serum trigliserida (20-30 %) dapat meningkatkan tingat HDL sampai 12 % dan juga menurunkan kadar gula darah.