Bunga Tulip, Mengenal Lebih Dekat

Tulip adalah sebuah nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk dalam keluarga Liliaceae. Asia Tengah merupakan asal dari tanaman bunga tulip. Bunga tulip tumbuh liar di daerah pegunungan Pamir dan juga ada di pegunungan Hindu Kush serta stepa di Kazakhstan. Namun negara yang terkenal dengan bunga tulip-nya yaitu Negeri Belanda. Negara Iran dan Turki telah menjadikan bunga tulip sebagai bunga nasionalnya.

Untuk penyebaran tanaman bunga ini, pada awalnya bunga tulip tumbuh liar di kawasan Asia Tengah dan Asia Barat. Oleh sebuah kerajaan yaitu Ottoman Turki, bunga tulip ini mulai dibudidayakan sejak tahun 1000. Tentunya hal ini dikarenakan  terpikat pada keindahan dan kesempurnaan bunganya.

Gambar Bunga Tulip

Gaambar Bunga Tulip. Koleksibunga.com

Tulip memiliki eberapa ciri-ciri yaitu merupakan tumbuhan tahunan yang memiliki umbi. Tingginya tanaman yaitu antara 10–70 cm. Tulip memiliki daun berlilin, bentuk sempit memanjang, warna daun hijau agak kebiru-biruan, dan bunga tulip memiliki ukuran besar dengan 6 helai daun mahkota.

Tulip telah menjadi hasil persilangan akan menghasilkan bunga berwarna tunggal. Untuk warna yang beragam mulai dari warna merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, atau bisa juga dengan berbagai macam kombinasi serta gradasi warna. Tulip dapat menghasilkan biji yang berbentuk bundar pipih dan dibungkus dengan kapsul kering.

Tanaman dari bunga tulip tak dapat hidup di alam terbuka pada wilayah tropis. Hal ini dikarenakaan tanaman bunga tulip memkerlukan suhu rendah pada saat musimm dingin. Menariknya, bunga tulip ddapat dibuat berbunga lebih cepat dengan cara memmbuat suhu lingkungannya menjadi lebih tinggi.

Tulip dapat dipaksa untuk berbunga lebih cepat dari normal jika diletakkan di tempat yang suhunya diatur menjadi lebih tinggi.

Cara penanaman bunga tulip ada dua yaitu dengan menggunakan perbanyakan vegetatif dan generatif. Cara perbanyakan bunga tulip dengan cara vegetatif yaitu dengan menggunakan umbinya dan cara perbanyakan genertaif yaitu dengan menggunakan bijinya. Cara perbanyakan menggunakan umbi akan memmbuat tanaman lebih cepat berbunga. Tanaman bunga tulip dengan perbanyaklan umbi dapat menghasiulkan bunga dalam waktu sekitar satu tahun, sedangkan untuk tanaman yang diperbanyak dengan menggunakan biji dapat menghasilkan bunga dalam waktu 5 sampai 7 tahun. Untuk mendapatkan umbi dari tulip, maka bunga yang telah se;lesai mekar maka  harus dipotong.

Cara membuat waktu mekar bunga tulip lebih panjang

Bunga tulip dapat dibuat supaya memiliki waktu mekar lebih lama. Ini sudah terbukti melalui sebuah penelitian. Cr membaaut bunga tulip mekar lebih lm yaitu dengan menusuk tangkai bunga tulip yang masih dalam keadaan kuncup menggunakan sebuah jarum. Bunga tulip akan mengeluarkan sebuah gas yang dinamakan gas etilen. Namun jika penusukan menggunakan jarum dilakukan setelah bunga sudah mekar mka waktu mekar bunga tulip menjadi lebih pendek.

Bunga tulip yang sakit justru berharga mahal

Gambar Bunga Tulip

Ada yan unik dengan tanaman bunga tulip. Ada sebuah penyakit yaang membuat bunga tulip memiliki harga mahal. Penyakit tersebut dikarenakan bunga tulip terinfeksi dengan virus mozaik sehingga menghasilkan warna motif yang langka dan indah. Dengan adanya penyakit ini maka bunga tulip memiliki motif coretan kuas. Di negagra belanda bunga tulip yang saakit ini sempat terkenal dan diburu oleh banayk orang.

Koleksi Gambar Bunga Tulip

Gambar Bunga Tulip

Gambar Bunga Tulip

Gambar Bunga Tulip

Gambar Bunga Tulip


Gambar Bunga Tulip

Gambar Bunga Tulip