Cara Menanam Bunga Mawar

Mawar memiliki jenis yang beragam. Oleh karena itu,  unga mawar sering dijadikan sebgai tanaman hias. Mawar memiliki bunga dengan warna dan bentuk yang begitu indah. Mawar sendiri banyak digunakan sebgai cara mengungkapkan perasaan.

Bunga mawar merupakan bunga yang asalnya bukan dari daerah tropis. Sebagian orang menanam  bunga mawar dalam pot. Alasannya bisa jadi karena kekurangan lahan. Namun untuk menanam di dalam pot memerlukan sedikit teknik khusus. Biasanya bibit mawar didapatkan dengan cara stek. Bahan stek sebaiknya sudah tua dan tidak terlalu muda. Jika menggunakan bahan bibit stek yang masih muda, maka tingkat keberhasilannya kecil.

Cara Menanam Bunga Mawar



Karena Anda akan menanam menggunakan pot, maka siapkan juga pot untuk wadah tanah. Pot ini bisa terbuat dari keramik, tanah liat ataupun pot plastik. Selanjutnya, sediakan media tanam berupa tanah. Pilihlah tanah yang subur, gembur dan berwarna hitam. Tambahkan pupuk kompos dan kemudian dicampur dengan tanah.

Cara melakukan stek mawar yaitu dengan memilih tangkai mawar yang sudah tua. Kemudian potong sepanjang 4-6 cm dengan alat (pisau) yang tajam. Usahakan alat yang digunakan sudah bersih.

Untuk proses stek, Anda dapat menggunakan wadah berupa polybag (ukuran 1/4 kg). Kemudian diisi tanah. Tangkai mawar yang sudah disiapkan kemudian tancapkan di abgian tengah dengan kedalaman setengah media tanam. Siram tanaman mawar tersebut. Sebaiknya polybag diberi lubang pada bagian bawahnya. Tampatkan tanaman mawar yang distek ini ke tempat yang teduh.

Tanaman mawar yang sudah muncul akar dan jumlah daunnya sudah muncul sebanyak tiga lembar sudah siap dipindahkan ke media tanam yang baru. Media tanam yang baru menggunakan  campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1. Cara memindahkannya yaitu dengan merobek polybag. Sebaiknya melakukannya tanpa merusak tanahnya.

Mudah tidaknya tanaman mawar beradaptasi dengan lingkungan tergantung jenisnya. Bunga mawar merah adalah salah satu jenis tanaman mawar yang mudah beradaptasi. Mawar merah juga merupakan jenis mawar yang paling banyak dipilih. Tentu hal ini dikarenakan mawar ini merupakan simbol kasih sayang. Mawar merah juga memiliki warna yang indah.

Cara Menanam Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar Dalam Pot

Mawar yang sudah siap pindah tanam kemudian dipindahkan ke media pot. Media tanam yang sudah seperti kompos dan tanah kemudian di campur dan diaduk sampai merata.  Tanah yang digunakan sebaiknya agak bertekstur seperti pasir. Tanah yang sudah dicampur tersebut kemudian dimasukan ke pot. Masukan tanaman mawar dari polybag ke dalamnya dengan cara membuat sedikit lubang. Siramlah dengan air secukupnya. Tempatkan tanaman ke tempat yang sejuk.

Disarankan, tanaman mawar yang baru dipindah tanam ke tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jika tanaman sudah beradaptasi dengan media tanam yang baru selanjutnya tanaman mawar dalam pot tersebut bisa dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari langsung.