Cara Menanam Bunga Teratai

Bunga teratai itu seperti apa?

Mungkin anda sering mendegar bunga teratai, namun tidak tahu seperti apa. Teratai merupakan salah satu bunga yang memiliki habitat di air. Nama latin bunga teratai yaitu Nymphaea. Dalam ahasa inggris bunga ini dikenal dengan nama waterlily.

Morfologi bunga teratai beradaptasi dengan habitatnya. Bagian bunga dan daun teratai berada di permukaan air. Sedangkan bagian tangkai dan akar berada di dalam air. Daunnya memiliki bentuk bundar atau oval. Daunnya ini tidak dilapisi oleh lapisan lilin.


Bunga Teratai


Selain tumbuh dirawa, bunga teratai juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Bunga teratai menambahkan suasana sejuk dan damai. Menariknya, pada beberapa bagian tanaman  teratai ini dapat dimanfaatkan untuk bidang kesehatan. Di negara Cina, bunga teratai biasanya dimanfaatkan dalam upacara-upacara keagamaan.

Teratai memiliki kurang lebih sebanyak 50 spesies yang tersebar dari wilayah tropis sampai subtropis di seluruh dunia. Teratai yang tumbuh pada wilayah tropis berasal dari negara Mesir.

Teratai adalah salah satu tanaman air yang unik. Keunikannya yaitu karena bunga teratai  yang tumbuh di air yang sangat berlumpur akan memiliki warna bunganya yang lebih cemerlang.


Bunga Teratai

Cara Menanam Bunga Teratai


Jenis bunga teratai hanya ada dua  yaitu warna yakni warna putih dan merah jambu keunguan. Dalam satu tahun, tanaman teratai dapat berbunga lebih dari sekali. Jika bunga teratai di tanamn di kolam, tanamn ini akan dapat hidup dan berbunga dengan baik.


Teknik dan cara penanaman bunga teratai sperti berikut ini.

1. Kondisi lingkungan yang baik untuk teratai tumbuh

Tanaman teratai dapat hidup baik di lingkungan dengan suhu berkisar 20 sampai 30 derajat celsius. Sebaiknya tempatkan tanaman teratai di tempat yang sedikit terkena angin. Batang teratai memiliki karakter yang mudah patah apabila terkena angin. Selain itu, usahakan tanaman teratai yang ditanam mendapatkan sinar maahari yang cukup.

2. Perbanyakan tanaman bunga teratai

Cara perbanyakan bunga teratai yaitu dengan menggunakan umbinya yang sudah memilikiumur yang cukup. Selain itu, bnga teratai juga menghasilkan biji. Biji ini dapat ditanam untuk dijadikan bibit. Cara lainnya yaitu dengan memisahkan anakan yang tumbuh disekitar tanaman teratai.

3. Pemindahan bibit tanaman teratai ke kolam

Sebelum menanam bibit teratai pada kolam, kolam haruslah dibersihkan terlebih dahulu dan pastikan tidak ada rumput liar atau tanaman pengganggu lainnya yang akan menghambat pertumbuhan teratai.

Cara Merawat Teratai


Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk merawat tanaman teratai

1. Tanaman teratai  memiliki kebutuhan akan sinar matahari yang banyak.  Tanaman teratai akan membusuk jika kebutuhan sinar matahari tidak tercukupi.

2. Tanaman teratai tetap membutuhkan pupuk dalam pertumbuhannya. Pupuk dapat ditambahkan ke media tanam tempat tumbuh teratai.

3. Air yang digunakan untuk media tanam teratai mudah ditumbuhi jentik-jentik nyamuk maupun tanaman liar lainnya. Jadi perlu pengawasan.